Restorasi Vespa usang Menjadi Baru Lagi Yuk simak ceritanya?

 Jumat, 7 April 2023



Vespa adalah salah satu kendaraan bermotor yang sudah ada sejak dahulu tahun 1946 yang berasal dari Italia dan masih dikembangkan sampai zaman sekarang. Berbeda dengan zaman dahulu vespa dibuat menggunakan tenaga orang dan metode transmisi saat berkendara juga masih dibuat manual atau dengan istilah “kopling” berbeda dengan yang zaman sekarang sudah bertransmisikan matic dan kelistrikan yang sudah modern.

Walaupun begitu vespa tua juga masih digemari oleh para anak-anak muda zaman sekarang dan kolektor kendaraan antik.

Berbicara tentang vespa ada banyak sekali sejarah didalamnya dan kali ini ada seorang pemilik vespa merestorasi vespa tua lamanya yang sudah berusia kurang lebih 40 tahun.


Sedikit berbincang dengannya bahwa banyak berbagai alasan dia merestorasi vespa tersebut diantara karena sedang trend dan vespa tersebut merupakan peninggalan dari kedua orangtuanya.


“karena vespa trendnya sedang naik, yang kedua untuk  menjaga peninggalan dari orang tua.
Vespa tersebut sebenarnya itu saya sudah ingin dilakukan restorasi semenjak tahun 2020, karena terkendala Covid maka baru saya bisa realisasikan pada tahun lalu yaitu sekitar akhir Agustus Tahun 2022” , Ujar Budi selaku pemilik vespa super 150cc tahun 1975 


Beliau menyerahkan vespanya untuk direstorasikan disebuah bengkel yang Bernama AW Scooter yang berlokasi di Kunciran, Tangerang bengkel tersebut memang berfokus pada pembangunan vespa lama menjadi baru dan perbaikan mesin vespa.

“Vespa tersebut saya serahkan ke bengkel restorasi Vespa dari beberapa komunikasi saya dapat informasi bahwa ada yang memang yang cukup bagus dalam pekerjaannya yaitu di daerah dekat sini yaitu di daerah Kunciran Tangerang namanya AW scooter itu memang bermain di spesialis restorasi vespa, khususnya vespa-vespa lama”

Alasan lain beliau melakukan restorasi vespa tersebut adalah karena vespa tersebut sudah lama diam dan kondisi cat yang sudah mengelotok dan berkarat, didukung dengan mesin juga yang sudah jauh dari kata baik untuk digunakan.

“karena yang pertama sudah cukup lama tidak digunakan sudah berapa tahun, dan cat nya sudah mulai jelek ada beberapa yang memang sudah terkena karat itu maka sekaligus dilakukan perapihan total baik bodi maupun mesin”

Untuk proses pengerjaannya sekitar 2-3 bulan karena lama di proses pengerjaan bodi dan mesin, karena masih menggunakan metode sederhana dan konvensional.

“terdiri dari perbaikan bodi mesin untuk perbaikan bodi sendiri ini dilakukan total menyeluruh, selanjutnya dilakukan penghilangan karat  dikembalikan lagi ke standar aslinya, selanjutnya proses dempul dan pengecatan sekaligus finishing,  masuk ke bagian mesin dibongkar habis lalu dibersihkan semua mana yang perlu dilakukan pergantian baru dilakukan perakitan lagi, lalu yang terakhir dilakukan penambahan atau pemasangan beberapa aksesorisnya”



Akhdan Raja Irdiantama
1MA25
10822056






Komentar

Postingan populer dari blog ini

M10 : TUGAS DJJ - FOTO JURNALISTIK

M10 : TUGAS DDJ - FOTO JURNALISTIK