Reog Ponorogo Tetap Eksis Menjadi Pementasan Seni Dalam Acara Carnaval

 


Tangerang, 14 April 2023 - siapa yang tak kenal dengan Reog Ponorogo? Reog Ponorogo merupakan kesenian yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur yang mempunyai ciri khas penari topeng menyerupai harimau berukuran besar dengan hiasan bulu ekor merak dan beberapa penari lain dengan kostum raja, panglima perang, ksatria, dan prajurit yang menunggang kuda.


Penari yang menjadi ikon dari pertunjukan Reog Ponorogo adalah pembarong yang menari sambil membawa dadak merak dengan cara digigit dengan mulutnya. Dadak merak merupakan alat peraga utama yang dihiasi dengan kepala menyerupai kepala harimau dan burung merak dengan bulu ekor merak sebagai hiasan yang sangat indah





Reog menjadi pilihan pentas seni para panitia penyelenggara acara tertentu, salah satunya ialah acara Carnaval Undokai Mina dalam merayakan 77th PT. MITSUBA INDONESIA. "Saya mengundang penari-penari lokal untuk memeriahkan carnaval ini sebagai bentuk pemeliharaan terhadap budaya indonesia". Ucap Rudy sebagai ketua panitia penyelenggara carnaval. Meskipun zaman sudah modern namun reog masih menjadi pilihan untuk menjadi mengisi acara-acara tertentu atau pertunjukan seni budaya.


Syafa Syadza (11822063)

1MA25


Komentar

Postingan populer dari blog ini

M10 : TUGAS DJJ - FOTO JURNALISTIK

M10 : TUGAS DDJ - FOTO JURNALISTIK

Restorasi Vespa usang Menjadi Baru Lagi Yuk simak ceritanya?