Perkembangan Internet Yang Pesat Berpengaruh Terhadap Dunia Pendidikan Indonesia

 



Tangerang, 14 April 2023 

Perkembangan internet pada era modern saat ini memang sangat cepat. Internet mulai masuk ke Indonesia dan mulai digunakan oleh masyarakat sejak tahun 1994. Perkembangan internet telah merambah ke berbagai daerah. Hal ini sangat berpengaruh terhadap banyak aspek, salah satunya adalah pada dunia pendidikan. 

Ya, dunia pendidikan di Indonesia-pun ikut terpengaruh pesatnya perkembangan internet yang terjadi. Dengan berkembangnya internet di era modern saat ini, tentu memudahkan kegiatan kita sehari-hari.

Dalam dunia pendidikan, internet sangat membantu proses pembelajaran kepada peserta didik. Contohnya, seperti internet sebagai sumber mencari informasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang suatu ilmu pembelajaran, internet juga membuat peserta didik dapat mengakses perpustakaan online atau membaca buku digital, internet sebagai sarana mencari beasiswa, internet juga berguna sebagai media komunikasi agar mempermudah proses komunikasi antar guru, murid, teman, tanpa memikirkan seberapa jauh jaraknya.

Hal ini tentunya memberikan pengaruh yang sangat baik kepada kita semua. Namun, internet tidak hanya memberikan hal-hal positif. Ada juga hal-hal negatif akibat adanya internet. Contohnya, internet membuat pengguna nya merasa malas karena pemanfaatannya. Karena kemudahannya dalam memakai internet, membuat pengguna nya merasa ketergantungan. Hal ini bisa dilihat ketika peserta didik diberikan tugas yang seharusnya bisa dikerjakan sendiri, namun kadang mereka lebih memilih untuk mengandalkan internet.

Penggunaan internet juga dimaksimalkan pada saat pandemic COVID-19. Saat itu, proses pembelajaran menggunakan metode daring. Bahkan metode ini masih sering digunakan sampai saat ini, walaupun pandemi sudah berakhir.

Para peserta didik, guru, dan orang tua tentu merasakan pengaruh dari perkembangan internet dalam dunia pembelajaran. “Kalau ada internet enak, misalnya ada soal yang nggak tahu jawabannya itu bisa lihat di internet. Terus kalau mau cari-cari yang aku nggak tau juga enak karena ada internet” Ujar Dika, pelajar Sekolah Dasar (10).

“Sebenarnya internet itu kan diciptakan untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari ya, tapi kadang dampak buruk nya itu bikin males. Kayak, kalau anak mau ngerjain PR pasti langsung nyari ke google, kayak gitu kan nggak bagus”. Ujar Budi, salah satu ibu rumah tangga (45).

Dengan adanya perkembangan internet yang sangat pesat tentu berpengaruh pada proses pembelajaran. Namun, hal ini tak selalu memberikan dampak positif, ada juga dampak negatif yang harus bisa kita cegah. Kita semua perlu menggunakan internet dengan bijak, agar terhindar dari dampak-dampak buruk dari internet. 


Aulia Rahma Widyowati (10822183) 

1MA25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

M10 : TUGAS DJJ - FOTO JURNALISTIK

M10 : TUGAS DDJ - FOTO JURNALISTIK

Restorasi Vespa usang Menjadi Baru Lagi Yuk simak ceritanya?